Senin, 17 Mei 2010

WIRELESS

PCI
PCI (kepanjangan dari bahasa Inggris: Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya.
PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association)
Dengan memasyarakatnya komputer jinjing jenis notebook, marak pula istilah PCMCIA sebagai bagian perlengkapan baku komputer jinjing tersebut yang pada umumnya berupa sarana fax/modem, diantaranya adalah Keepln Touch dari AT&T, CreditCard Ethernet+ dari Xircom. Umumnya komputer jinjing notebook baru selalu dilengkapi dengan satu atau dua soket untuk kartu PCMCIA.
PCMCIA adalah nama peralatan yang paling membingungkan dalam dunia perkomputeran. Sebenarnya PCMCIA adalah singkatan dari Personal Computer Memory Card International Association-Asosiasi Internasional Kartu Memori PC, suatu kelompok yang bertanggung jawab untuk membakukan kartu antarmuka (interface) bagi komputer jinjing. PCMCIA dibentuk pada tahun 1990. Nama PCMCIA itu sendiri tidak mencerminkan fungsi kartu tersebut, meskipun pada awalnya memang demikian. Nama yang lebih tepat untuk Kartu PCMCIA itu adalah Kartu PC (PC Card) saja. Kericuhan lebih jauh adalah mengenai bakuan yang ditetapkan oleh PCMCIA itu tidak hanya berlaku untuk PC saja melainkan juga untuk peralatan-peralatan yang lain. Bakuan-bakuan itu tidak hanya berlaku untuk flash memory , RAM, dan ROM, tetapi juga berlaku untuk modem, fax/modem, adaptor LAN, komunikasi telepon genggam (cellular telecommunication), dan penyimpan data baik secara elektronik maupun dengan media berputar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar